Senin, 15 Januari 2018

Teks Ceramah Agama Tentang Sabar (singkat)


Sabar merupakan salah satu sifat mahmudah yang sangat disenangi oleh Allah. Allah akan menyayangi orang yang sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan. Karena itu kita sebagai orang Islam harus senantiasa bersifat sabar dan ikhlas. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh teks ceramah agama tentang sabar. Berikut ini Teks Ceramah Agama Tentang Sabar (singkat).

Teks Ceramah Agama Tentang Sabar (singkat)

Teks Ceramah Agama Tentang Sabar (singkat)


Baca Teks Ceramah Lainnya :





Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil'alamin
Wash sholatuwassalamu'ala muhammadin
Wa'ala alihi washohbihi ajmain

Puji syukur kita haturkan kepada Allah, atas segala pemberian nikmat yang tidak bis akita hitung ini. sehingga pada kesempatan ini kita masih diberikan umur panjang dan kesehatan. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada sayyidul ambiya' wal mursalin Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua diakui sebagai umat beliau dan mendapatkan syafaatnya di hari akhir.

Hadirin yang dimuliakan Allah, perkenankanlah pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sedikit ceramah agama tentang sabar.

Sering kita mendengar kata sabar dalam kehidupan sehari-hari, namun tak sedikit orang yang bisa mendefinisikan arti sabar itu sendiri. Kata sabar sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu ص, ب, ر yang artinya menahan. Terus menahan apa? secara umum bisa diartikan sebagai menahan diri dari sifat emosi yang timbul karena disebabkan dari bentuk kesulitan, kesusahan dan hala-hal yang tidak disukainya.

Pernahkah kita mengeluh? pernahkah kita marah? nah itu merupakan salahs atu contoh dari sifat yang kurang sabar. Misalnya kita mengeluh dengan ujian dari Allah SWT. 

Hadirin yang dimuliakan Allah

Orang yang memiliki sifat sabar dalam menghadapi cobaan akan sangat disayang oleh Allah, karena sejatinya cobaan dari Allah itu tidak akan melebihi kekampuan dari hambanya dan semua itu untuk menguji sampai mana tingkat ketaqwaan dan tingkat iman seseorang. 

Allah berfirman :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah:153)

Nah saat kita mendapatkan ujian, cobaan, kesedihan mintalah pertolongan kepada Allah dan kita harus bersabar menghadapi cobaan tersebut dan disertai dengan ikhlas. Itu yang sangat sulit kita terapkan sebagai orang awam, namun kita sudah seharusnya selalu berusaha untuk mencapai tingkatan sabar dan ikhlas.

Hadirin rohimakumullah

Manfaat dari sifat sabar sangat banyak sekali, diantaranya adalah menenagkan jiwa dan pikiran kita, karena dengan sifat sabar kita akan selalu berpikiran positif dankhusnudhon kepada Allah, semua ini hanyalah Allah yang mengaturnya, dan kita sebagai hamba harus menerima dan tabah. Manfaat atau hikmah yang lainnya adlah menciptakan kedamaian. 

Semoga kita semua bisa menerapkan sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari, dengan kesabaran kita insyaallah hidup kita akan damai dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Teks Ceramah Agama Tentang Sabar (singkat) tersebut belum lengkap, silahkan sahabat bisa unduh file selengkapnya di bawah ini.

[Unduh]


EmoticonEmoticon