Selasa, 16 Januari 2018

Contoh Teks Kultum Keutamaan Shalat Berjamaah


Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang sangat vital, karena orang Islam yang tidak shalat hampir sama dengan orang non muslim, sama-sma tidak shalat. Maka dari itu sebagai orang muslim janganlah sampai meninggalkan shalat. Nah pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks kultum tentang shalat berjamaah. Contoh kultum keutamaan shalat berjamaah singkat ini sangat bagus dibacakan pada saat-saat selesai shalat di masjid maupun di mushala. Berikut ini Contoh Teks Kultum Keutamaan Shalat Berjamaah.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

اَلْحَمْدُ لله  الَّذِيْ أَعَزَّنَا باِلْإِيمَانِ بِهِ، وَهَدَاناَ إِلَى عَظِيمِ شَرِيْعَتِهِ، وَأَسْعَدَنَا بِاتِّبَاعِ أَفْضَلِ رُسُلِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، فيِ أُلُوهِيَّتِهِ وَرُبُوْبِيَّتِهِ وَأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ، وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين وَبَعْد،

Hadirin jamaah shalat berjamaah yang dirahmati Allah

Kita sebagai umat muslim tentu sudah mengetahui bahwa hukum melaksanakan shalat adalah wajib bagi umat Islam yang sudah memenuhi syarat dan rukunnya. Orang melakukan shalat harus mengetahui tatacaranya terlebih dahulu, dan jika tidak tahu maka shalatnya tidak sah. Shalat merupakan tiang agama yang harus senantiasa kita jalankan, dan jika kita meninggalkan shalat lima waktu ibarat kita itu merobohkan agama Islam.

Hadirin sekalaian rahimakumullah

Berbicara pahala shalat berjamaah kita pasti sudah tahu semuanya, barang siapa yang shalat berjamaah maka pahalanya akan dilipat gandkan sebanyak 27 derajat. Hal ini sesui dengan hadits nabi Muhammad SAW.

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya :

“Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650)

Namun terkadang kita enggan melakukan shalat berjamaah, meski sudah tahu banyaknya pahala dibandingkan dengan shalat sendiri.

Hadirin yang dirahmati Allah

Selain pahala yang dilipat gandakan, shalat jamaah memiliki hikmah yang luar biasa, diantara hikmah menjalankan shalat jamaah antara lain: menjalin ukhuwah Islamiyah, bisa melatih kedisiplinan dalam menjalankan ibadah kepada Allah, diangkat derajatnya disisi Allah SWT.

Semoga dengan adnya hikmah dan pahala shalat jamaah tersebut menjadikan kita lebih semangat untuk melaksanakan shalat secara berjamaah lebih-lebih shalat Subuh berjamaah.

Contoh Teks Kultum Keutamaan Shalat Berjamaah tersebut belum lengkap, sahabat bisa mengunduh filenya di bawah ini.


EmoticonEmoticon