Minggu, 03 Desember 2017

Teks Ceramah Berbakti Kepada Orang Tua - Birrul Walidain


Berbuat baik kepada orang tua itu hukumnya wajib, karena orang tua kita sudah sangat bersusah payah menghidupi kita merawat kita dari kecil hingga dewasa, Ibu yang telah mengandungkita selama sembilan bulan dan selalu memberikan kasih sayang diwaktu kecil sampai kita besar, seorang ayah yang bersusah payah membanting tulang mencari penghasilan untuk menafkahi keluarganya. Maka kita wajib hukumnya menjunjung tinggi nilai keaikan atau birrul walidain kepada kedua orang tua.

Saya akan berbagi ceramah dengan tema Birrul Walidain, ceramah ini sangat bagus untuk muhasabah kita, untuk renungan kita, karena kita itu perlu saling mengingatkan, dengan adanya teks ceramah ini semoga yang membaca dan ceramah bisa lebih berbuat baik kepada orang tua. 

Teks Ceramah Berbakti Kepada Orang Tua - Birrul Walidain

Teks Ceramah Berbakti Kepada Orang Tua - Birrul Walidain

Baca Teks Ceramah Lain :





Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang saya hormati

Manusia hidup didunia ini pasti memiliki orang tua, yaitu bapak dan ibu. Bapak dan ibu kita merupakan salah satu manusia yang sangat tangguh dan sangat berjasa kepada kita, kalau kita hitung-hitung jasa mereka tidak bisa kita bandingkan dengan apapun. 

Menghormati kepada orang tua kita itu hukumnya wajib, yang mengandung kita siapa? ibu. yang mencari nafkah untuk kehidupan kita siapa? ayah. Nah itulah kita wajib bersyukur kepada Allah masih bisa hidup sampai sekarang dan kita harus berterima kasih kepada bapak dan ibu kita.

Hadirin yang berbahagia

Bagaimana kita bisa membalas jasa bapak ibu kita? Ada sebuah cerita pada zaman Rosulullah.

Ada seorang sahabat yang selalu menggendong ibunya kemanapun ia pergi, pada saat itu pula bertemu dengan Rosulullah dan dia bertanya kepadanya. 

"ya Rosulallah, apakah semua yang akau lakukan ini bisa membalas jasa ibu saya?" 

Jawab Rosulullah "tidak, tidak akan ada yang bisa membalas jasa ibu kita"

terus bagaimana kita bisa berbuat baik kepada orang tua kita? yaitu dengan cara menaati segala perintah dari orang tua. Dalam artian menaati perintah yang masih diperbolehkan oleh syariat Islam.

Kita diperintahkan untuk membeli syauran di warung, kita harus mau. Misalnya lagi kita diperintahkan untuk membantu menyapu halaman, dan lain sebagainya.

Cara selanjutnya yitu kita selalu mendoakan kedua orang tua kita, agar diampuni dosa-dosanya, dimudahkan jalan rizkinya, selalu diberikan kesehatan untuk bekerja sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Jangan sekali-kali kita membuat murka orang tua kita, karena dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tabrani berbunyi seperti ini :

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya:

"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Maka jika kita akan berbuat kebaikan pun harus ada ridho dari orang tua kita.


Contoh Teks Ceramah Berbakti Kepada Orang Tua - Birrul Walidain tersebut diatas belum lengkap, dan teman-teman bisa mengunduh file selengkapnya di bawah ini.


EmoticonEmoticon