Rabu, 13 Desember 2017

Teks Ceramah Agama Tentang Sholat Sunah


Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap umat muslim, ada sholat yang hukumnya sunah an ada yang hukumnya wajib atau fardhu. Sholat fardhu merupakan sholat yang biasa kita lakukan setiap hari yang berjumlah lima waktu dan hukumnya wajib, sedangkan sholat sunah merupakan sholat yang apabila dilakukan mendapatkan pahala dan bila tidak dilaksanakan tidak berdosa.

Sholat sunah jumlahnya sangat banyak, mulai dari sholat sunah yang dikerjakan pada setiah harinya, bahkan setiap setahun sekali. Sahabat pembaca, kni admin akan memberikan sebuah contoh teks ceramah agama Islam dengan tema sholat sunah. Silahkan lihat ulasan Teks Ceramah Agama Tentang Sholat Sunah ini.

Teks Ceramah Agama Tentang Sholat Sunah

Teks Ceramah Agama Tentang Sholat Sunah

Lihat Ceramah Lain :





Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

اَلْحَمْدُ لِلهِ اْلوَاحِدِ اْلأَحَدِ, اَّلذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌ, اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ وَاَشْكُرُهُ, اَلَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ اِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ, اَمَّا بَعْدَهْ.

Hadirin yang saya hormati

Sholat merupakan bagian dari rukun iman yang ke 2, peranan sholat dalam Islam sangatlah penting sekalai, karena sholat merupakan ikon dari orang Islam, karena semua orang Islam harus menunaikan sholat.

Rasulullah bersabda :

الصلاة عماد الدين, فمن اقامها فقد اقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين

Artinya : "Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) itu dan barangsiapa merobohkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu."

Sesuai haduits diatas berarti kita itu sangat diwajibkan menunaikan sholat, secara tidak langsung jika kita tidak sholat maka kita telah merobohkan Islam, karena siapa lagi yang mau sholat, kalau bukan kita sebagai umat muslim?

Hadirin yang dirahmati Allah

Selain mengerjakan sholat fardhu, Rasulullah sangat menganjurkan untuk menjalankan sholat sunah, yang mana sholat sunah ini merupakan sholat yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

Banyak sekali contoh sholat sunah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad. Diantaranya adalah sholat sunah Dhuha, shaolat sunah Rawatib, shaolat sunah qobliyah ba'diyah, sholat sunah tahajut, dan lain sebagainya. Sholat-sholat sunah tersebut memiliki tata cara sendiri-sendiri, seperti niat dan jumlah rakaat yang disunahkan.

Hadirin yang saya mulyakan

Kita sebagai umat nabi Muhammad harus senantiasa menjalankan sholat sunah, karena sholat sunah tersebut jika kita kerjakan akan mendapatkan tambahan pahala dari Allah SWT, dan kita telah menghidupkan sunah-sunah nabi Muhammad SAW.


Teks Ceramah Agama Tentang Sholat Sunah tersebut diatas hanya sepenggal saja, sahabat bisa memiliki file dengan mengunduh terlebih dahulu di bawah ini.

[Unduh]


EmoticonEmoticon