Minggu, 14 Januari 2018

Contoh Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan


Puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang sudah memenuhi syarat dan rukunnya. Nah pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh ceramah tentang puasa Ramadhan, teks ceramah ini bisa sahabat bacakan pada acara keagamaan, lebih-lebih pada bulan suci Ramadhan pada kultum pagi misalnya. Berikut ini Contoh Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan.

Contoh Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan

Contoh Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan

Baca Teks Ceramah Lain :




Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالْعَمَلِ عَلَى جَمِيْعِ الْعَالَمِ، وَالصَّلاَةُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ يَنَابِيْعِ الْعُلُوْمِ وَالْحِكَمِ. أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang dirahmati Allah

Alhamdulillah pada kesempatan hari ini kita masih diberikan umur panjang oleh Allah sehingga kita masih bisa mejalankan puasa Ramadhan pada tahun ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa selalu tercurah kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umatnya Amin. dan kita semua semoga diakui sebagai umat beliau dan di akhir hari nanti mendapatkan syafaatnya Amin.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Pada pertemuan hai ini saya akan menyampaikan ceramah tentang puasa Ramadhan.

Puasa menurut bahasa adalah menahan, sedangkan menurut istilah syara' adalah menahan dari segala sesuatu yang bisa menyebabkan batalnya puasa dari fajar sidiq sampai terbenamnya matahari.

Kita semua tahu, bahwa puasa Ramadhan itu merupakan slah satu rukun Islam, yang mana harus kita laksanakan pada setiap tahunnya di bulan Ramadhan. Perintah menjalankan puasa sudah sangat jelas tertera dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 183.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Hadirin yang dimuliakan Allah

Bulan puasa termasuk bulan yang snagat mulia, bulan yang diturunkan rahmat Allah kepada orang-orang yang bertaqwa kepada Allah dan beribadah kepada Allah SWT. Pada bulan ini pula diturunkannya Al Qur'an sebagai petunjuk hidup bagi manusia.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

Selain itu pada bulan Ramadhan ini terdapat malam yang sangat spesial dan mulia, yaitu malam lailatul qodar yang mana pada malam ini apa bila kita melakukan perbuatan baik pahalanya akan dilipat gandakan. Beribadah pada malam lailatul qodar sama halnya beribadah selama seribu bulan. Subhanallah

Hadirin yang saya hormati

Contoh Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan tersebut hanya sebagian saja, sahabat bisa mengunduh file selengkapnya di bawah ini.


EmoticonEmoticon