Senin, 04 Desember 2017

Teks Ceramah Agama Meneladani Akhlak Rasulullah


Muhammad Rasulullah merupakan nabi akhir zaman yang diberikan kemukjizatan yang sangat luar biasa, yaitu kitab Al-Qur'an yang kita gunakan sebagai petunjuk hidup dan sebagai kitab suci umat Islam. Nabi Muhammad diutus ke bumi ini untuk berdakwah menyampaikan wahyu apa yang telah diberikan oleh Allah kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril. Dengan demikian Rasulullah selalu memberikan akhlak yang terbaik untuk memberikan contoh kepada umatnya.

Postingan ini akan memberikan contoh teks ceramah agama tentang meneladani akhlak Rasulullah SAW. Dan kita sebagai umatnya semoga bisa meniru dari apa-apa yang telah dicontohkan oleh beliau dalam menjalani kehidupan.

Teks Ceramah Agama Meneladani Akhlak Rasulullah

Teks Ceramah Agama Meneladani Akhlak Rasulullah

Lihat Ceramah Lain :





Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالْعَمَلِ عَلَى جَمِيْعِ الْعَالَمِ، وَالصَّلاَةُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ يَنَابِيْعِ الْعُلُوْمِ وَالْحِكَمِ. أَمَّا بَعْدُ.

Alhamdulillah wasyukrulillah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmaynta kepada kita semua dan sehingga kita bisa berjumpa dan bermuwajahah di majelis yang sangat mulia ini. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada sayyidil ambiya' wal mursalin, nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang benerang.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan ceramah dengan judul meneladani akhlak Rasulullah.

Rasulullah menjalani kehidupan pada jaman jahiliyah, dimana-mana terjadi kekerasan dan tidak menunjukkan peri kemanusiaan khususnya terhadap kaum hawa, banyak wanita yang lahir dikubur hidup-hidup oleh orang tuanya karena pada zaman tersebut wanita sangatlah tidak ada kehormatannya. Wanita diperjual belikan.

Rasulullah diberikan wahyu oleh Allah SWT ketika menjelang umur 40 tahunan lewat perantara malaikat Jibril, Nabi Muhammad menjalankan syiar Islam dengan cara lemah lembut, tidak dengan kekerasan dan Nabi Muhammad selalu berdakwah dengan memberikan contoh tauladan yang baik, akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirin yang dirahmati Allah

Akhlak Rasululah mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi selalu diliputi dengan tata cara Islam. Hal ini telah dicontohkan oleh nabi dalam kehidupannya. Mulai dari cara makan, cara tidur, cara bergaul dengan orang lain, cara berbicara, cara menjadi pemimpin dan lain sebagainya. Kehidupan Rasulullah dengan dibalut akhlak mahmudah atau akhlak baik ini telah tertulis dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 21.

 لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ الَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو الَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ الَّهَ كَثِيرًا

Artinya :

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."

Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus bisa meniru akhlak Rasulullah meskipun dengan mamulai dari hal-hal yang terkecil dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena dengan kita meneladani akhlak hasan Muhammad SAW insyaallah kehidupan akan berjalan dengan baik.


Sahabat, Teks Ceramah Agama Meneladani Akhlak Rasulullah tersebut diatas belum lengkap, sobat bisa mengunduh filenya di bawah ini.

[Unduh]

1 komentar so far


EmoticonEmoticon