Jumat, 19 Januari 2018

Contoh Teks Ceramah Akhlak Tercela


Manusia diciptakan oleh Allah SWT memiliki akal, fikiran, dan sifat. Sifat sendiri terbagi menjadi dua yaitu sifat terpuji dan sifat tercela. Dalam pandangan Islam kita harus menjauhi sifat-sifat tercela dan kita haru scondong dan memiliki sifat terpuji. Apa saja contoh sifat tercela dalam Islam? Berikut ini penjelasannya lewat Contoh Teks Ceramah Akhlak Tercela.

Contoh Teks Ceramah Akhlak Tercela

Contoh Teks Ceramah Akhlak Tercela

Lihat Teks Ceramah Lain :






Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati bapak ibu 
Hadirin wal hadirot semuanya yang dirahmati Allah

Puji dan syukur wajib kita hatirkan kepada Allah, karena Allahlah yang memberikan kita kesempatan untuk bertemu disini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda nabi agung Muhammad SAW, dan kita haturkan pula kepada keluarga, sahabat dan umat beliau. 

Hadirin yang saya hormati 

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit ceramah tentang sifat tercela dalam Islam. 

Apa itu sifat tercela? Sifat tercela sama juga dengan sifat mazmumah yang snagat dilarang dalam agama Islam. Sifat mazmumah ini merupakan sifat yang didorong oleh keinginan hawa nafsu syaitan. Maka dari itu kita sebagai umat Islam harus menjauhi sifat tercela.

Adapun contoh sifat tercela dalam Islam itu apa saja? Yang pertama ada sifat Ghadab atau sifat pemarah. Kita sebagai manusia awam tentu memiliki sifat marah, bener tidak? terkadang kita pas lagi emosi, diganggu temannya, nah kita marah-marah sampai emosi tidak terkontrol, itu salah satu sifat yang dibenci dalam Islam. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Contoh sifat tercela selanjutnya adalah Hasad atau dengki, apa itu dengki? dengki yaitu tidak senang melihat orang lain senang. Contohnya misalnya tetangga kita masih diberikan kesenanagn nah kita kok jengkel dan dengki, itu sofat buruk yang harus kita jauhi. Kita seharusnya malah bersyukur atas pemberian nikmat yang banyak kepada tetangga kita. Karena seua itu pemberian dari Allah.

Selanjutnya contoh sifat mazmumah adalah dendam, selalu ingin membalas sesuatu yang dialakukan oleh orang lain terhadap dirinya, dalam artian membalas kejahata. Ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam, karena ajaran Islam menagnjurkan untuk saling memaafkan atas segala kesalahan dari orang lain.

Contoh Teks Ceramah Akhlak Tercela tersebut diatas belum lengkap, silahkan sobat bisa unduh file lengkapanya di bawah ini.


EmoticonEmoticon