Senin, 22 Januari 2018

Contoh Ceramah Tentang Akhlak Terpuji (Akhlakul Karimah)


Kita hidup di dunia ini selalu ada yang melihat gerak-gerik kita, selain manusia ada juga lainnya, yaitu Allah dan kedua malaikat yang berada disamping kanan dan kiri kita, yang senantiasa mencatat segala perbuatan baik dan buruk. Maka dari itu kita harus selalu berbuat kebaikan. Nah pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks ceramah tentang akhlak terpuji atau akhlakuk karimah/mulia. Berikut ini Contoh Ceramah Tentang Akhlak Terpuji (Akhlakul Karimah).


Contoh Ceramah Tentang Akhlak Terpuji (Akhlakul Karimah)

Contoh Ceramah Tentang Akhlak Terpuji (Akhlakul Karimah)

Lihat Teks Ceramah Lain :





Assalamu'aalaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

قال رسولُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- : "إِنَّ لِكُلِّ دِيْنِ خُلُقًا وَخُلُقُ الإسلامَ الْحَيَاءُ

Hadirin yang saya hormati

Ijinkan saya disini akan menyampaikan ceramah agama tentang akhlak terpuji atau akhlakul karimah.

Manusia hidup pasti memiliki akhlak, entah itu akahlak terpuji maupun tercela. Sebutan dari akhlak terpuji adalah akhlakul karimah, akahlak mulia, akahlak mahmudah. Sedangkan akhlak tercela mempunyai sebutan lain akahlak jelek, akhlak buruk, akhlak mazmumah.

Kita sebagai orang yang normal, memiliki otak, pikiran akal untuk memilih antara yang baik dan buruk, kira-kira kita akan memilih yang mana? Tentu orang menjawab akan memilik yang baik. Begitu pula dengan akahlak kita. Kita tentu harus memiliki akhlak yang baik atau yang mulia.

Hadirin yang dirahmati Allah

Kita sebagai umat muslim di akhir zaman tentunya sangat banyak godaan dari sana-sini untuk menggoyahkan akidah kita, menggoyahkan perilaku dan akhlak kita, namun kita memiliki contoh atau suri tauladan hasanah yaitu nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman yang memiliki tugas menyempurnakan akahlak. Hal ini sesuai dengan sabda nabi :

إِنَّمَا بُعِثْتُ ِلأُتَمِّمَ صَالِحَ اْلأَخْلاَقِ. 

Artinya  :

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik. (HR. Ahmad)

Jika melihat isi dari hadits tersebut, yang dimaksud dengan menyempurnakan akhlak itu snagat luas sekali, pada kali ini kita akan bahas sedikit dari isi hadit tentang akhlak tersebut. Bahwa perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW adalah contoh perbuatan yang baik yang patut kita tiru. Karena nabi Muhammad SAW ini telah terlulis dalam Al Qur'an surat Al Qalam ayat 4 : 

وإنك لعلى خلق عظيم

Artinya : Sesungguhnya  engkau (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung.

Hadirin yang saya hormati

Kita harus bisa menata akhlak yang baik, enah akhlak kepada orang tua, akahlak kepada orang lain, akahlak kepada Allah, akahlak kepada segala ciptaan Allah dan akahlak kepada semuanya.

Silahkan unduh file Contoh Ceramah Tentang Akhlak Terpuji (Akhlakul Karimah) selengkapnya di bawah ini.


EmoticonEmoticon